Blogger Vs Youtuber? Inilah Keunggulan dan Kelemahan dari Keduanya!



Mendengar kata blogger dan youtuber apa yang sobat pikirkan?? Mungkin sobat sudah tentu sudah tak asing lagi mendengar 2 kata tersebut namun ada juga mungkin yang hanya tau salah satunya. Blogger adalah istilah yang digunakan untuk seseorang yang membuat blog dan membuat konten dalam bentuk tulisan sedangkan youtuber adalah istilah yang digunakan untuk seseorang yang membuat Akun atau Channel youtube kemudian membuat konten dalam bentuk video.


Seiring berkembangnya bisnis online yang dapat menghasilkan uang dengan banyak dan juga tanpa aturan seperti di kantor membuat bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang memiliki banyak peminat. Blogger dan Youtuber sekarang juga dianggap sebagai salah satu bisnis online walaupun pada kenyataannya blog dan youtube suatu wadah untuk berkarya namun sejalan dengan tingkat kepopuleran atau keteran dari blog juga youtube akhirnya para pengiklan berminat untuk memasang iklan di blog atau youtube.


Salah satu tempat atau wadah untuk pengiklan adalah Google Adsense, Adsense merupakan tempat iklan yang terbaik di bandingkan dengan lainnya alasannya tentu saja karena mereka mampu membayar dengan harga mahal. Kesimpulannya seseorang yang membuat blog atau channel youtube adalah untuk mengejar penghasilan dari Adsense, dan pada artikel kali ini saya akan membahas tentang blogger vs youtuber. Manakah yang terbaik di antara keduanya?? Apakah keunggulan dan kelemahan atau kekurangan di antara keduanya?? Apa saja keuntungan menjadi blogger juga youtuber?? Di artikel ini saya akan membandingkan keduanya untuk kemudian dapat sobat nilai mana yang lebih baik.


Berikut ini perbandingan keunggulan atau kelebihan dan kelemahan atau kekurangan dari blogger juga youtuber.

Keunggulan atau Kelebihan Menjadi Blogger

1.) Low Budget
Menjadi seorang blogger memang tidak membutuhkan modal yang banyak atau low budget, hanya dengan bermodalkan hp android bahkan ram 1 gb pun bisa untuk mulai menjadi blogger ditambah lagi jika menggunakan platform blogging yang gratis seperti  Blogger.com atau tidak dengan menyewa hosting. Maka modal untuk menjadi blogger atau ngeblog hanyalah sambungan internet atau jika anda tidak ingin modal bisa cari wi-fi gratis.


2.) Waktu Pembuatan Konten Cenderung Singkat
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa menjadi blogger adalah membuat konten dalam bentuk tulisan yang umumnya berbentuk artikel, dalam pembuatan artikel hanya membutuhkan waktu yang cepat. Jika memang sudah ahli dan juga bahan atau inspirasi sudah siap maka untuk menulis satu artikel hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam, selain itu saat membuat artikel juga lebih bebas seperti dalam hal pakaian atau bahkan juga tidak perlu mengeluarkan suara hal ini tentu berbanding terbalik dengan youtuber walaupun tidak sepenuhnya.


3. Interaksi Antar Sesama Blogger Mengguntungkan
Maksud dari interaksi yang menguntungkan adalah jika di youtube sangat dituntut untuk membuat konten yang menarik untuk mencari viewer, berbeda dengan dunia blogging yang bisa saling membantu mengunjungi blog satu sama lain untuk kemudian meninggalkan komentar. Dengan saling mengunjungi atau istilahnya blogwalking akan membuat SEO naik yang kemudian dapat menarik pengunjung lebih banyak lagi dan akhirnya bisa maju bersama-sama, bagi blogger pemula pasti hal ini bisa sangat berguna untuk memulai bisnis atau menuangkan bakatnya.



Kelemahan atau Kekurangan Menjadi Blogger

1. Susah Terkenal
Kelemahan menjadi blogger adalah susah terkenal hal itu memang fakta, alasan dari susah terkenal atau populer menjadi blogger adalah karena pengunjung atau pembaca blog tidak terlalu peduli dengan penulisnya. Mereka hanya melihat atau mengambil informasi yang mereka butuhkan kemudian pergi begitu saja tanpa mengingat situs blognya atau juga penulis dari blog tersebut, jadi untuk anda yang ingin terkenal menjadi seorang blogger sangat tidak cocok anda tetapi jika anda tidak memperhatikan hal ini juga tentu tidak masalah.


2. Rumit
Faktanya menjadi seorang blogger memang rumit karena mereka diwajibkan sekurang-kurangnya harus mengetahui kode html, kode html adalah suatu kode yang digunakan untuk mengatur tata letak atau ukuran pada postingan atau juga halaman di blog jadi sudah tentu kode html ini sangat penting. Selain harus mempelajari kode html juga seorang blogger harus menguasai SEO yang sangat menentukan agar blog tetap di halaman pertama di google tujuannya agar kesempatan memperoleh pengunjung blog menjadi semakin banyak. Mungkin mempelajari kode html itu hal yang agak mudah tetapi untuk SEO mempelajarinya saja tak cukup tetapi harus praktek yang cukup rumit.


3. Persaingan Ketat
Baik menjadi blogger atau youtuber juga harus bersaing dengan ketat, jika di youtube persaingan hanya soal konten, like, view, hingga subscriber saja atau dalam kata lain di youtube tidak ada SEO jadi kemungkinan untuk seseorang youtuber baru atau pemula konten atau video akan memilki kesempatan yang tinggi untuk muncul di pencarian halaman pertama dengan catatan keyword yang tepat. Hal ini tentu sangat berbeda sekali dengan blog yang harus bersaing di mesin pencarian atau google search, para blogger harus bersaing dengan situs-situs yang besar  atau juga para blogger yang sudah ahli agar bisa muncul di halaman pertama. Adanya SEO tentu akan membuat persaingan menjadi blogger yang sukses semakin ketat dan sulit, disinilah banyak blogger pemula yang tumbang atau tidak ingin lagi menjadi blogger.



Itulah keunggulan dan kelemahan jika menjadi blogger, jika memang sobat merasa pas dengan keunggulan menjadi blogger dan tidak memperdulikan kelemahannya maka sobat cocok untuk menjadi blogger. Sebagai catatan tambahan walaupun menjadi blogger itu hanya memerlukan modal yang sedikit tetapi juga untuk menjadi seorang blogger sukses juga harus berkorban untuk membeli keperluan blog agar menjadi blogger profesional seperti membeli domain, template, atau jika memang sobat tidak memilih untuk bergabung di Blogger.com juga harus menyewa hosting.

Terlepas dari itu semua menurut saya yang seorang blogger, menjadi seorang blogger sangat menyenangkan ini tentu karena sesuai dengan hobi saya yakni menulis dan memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Jadi apabila memang sobat memang senang dengan menulis maka menjadi blogger adalah pilihan yang tepat.



Setelah membahas kelebihan juga kekurangan menjadi blogger, berikut ini saya akan membahas kelebihan atau keunggulan dan kekurangan atau kelemahan menjadi seorang youtuber.


Keunggulan atau Kelebihan Menjadi Youtuber

1. Mudah Terkenal
Menjadi seorang youtuber akan memiliki kemungkinan terkenal yang lebih besar hal dikarenakan sistem seperti subscribe atau berlangganan pemberitahuan video, jadi apabila sobat membuat video di youtube kemudian ada orang yang tertarik dengan video tersebut maka kemungkinan besar akan mendapatkan subscriber atau orang yang berlangganan sehingga orang tersebut akan terus menonton atau juga memberitahukan kepada teman lainnya. Selain itu juga sobat membuat video jika menarik serta bermanfaat seseorang akan cenderung mengingatnya, hal ini sudah tentu berbanding terbalik dengan blogger.


2. Kesempatan Mendapat Penghasilan Tambahan
Jika sudah menjadi youtuber terkenal dan memiliki popularitas yang tinggi otomatis banyak para pebisnis atau perusahaan yang ingin memasang iklannya di channel yang sudah terkenal atau memilki banyak jumlah penonton yang banyak, tujuannya tak lain untuk memperkenalkan produknya serta agar banyak orang tertarik. Disinilah youtuber akan bisa mendapatkan tambahan yang mungkin bisa lebih besar dari Adsense.


3. Tidak Terlalu Rumit bahkan Cenderung Menyenangkan
Seperti yang kita ketahui bahwa menjadi youtuber adalah membuat konten dalam bentuk video. otomatis menjadi youtuber akan berhubungan dengan edit video yang selalu berurusan dengan berbagai warna, gaya teks dan efek, hal inilah yang membuat menjadi youtuber tidak membosankan atau menyenangkan ditambah lagi jika membuat channel seperti traveling. Mungkin hal yang susah adalah pencarian ide untuk membuat video agar menarik, jika sobat adalah seorang yang tertarik dengan edit video lebih baik untuk jadi youtuber.



Kelemahan atau Kekurangan Menjadi Youtuber

1. High Budget
Menjadi seorang youtuber sudah tentu harus memiliki banyak uang, uang tersebut nantinya bisa menjadi modal untuk keperluan juga peralatan membuat video seperti kamera, laptop atau pc, dan lainnya. Hal ini tentu membutuhkan modal yang banyak, meskipun begitu sebenarnya menjadi youtuber juga bisa menggunakan handphone android tetapi hal cukuplah terbatas dan cenderung susah dalam pengembangannya. Oleh karena itu jika sobat memang memiliki banyak modal sebaiknya menjadi seorang youtuber namun jika tidak bisa memilih menjadi blogger.


2. Waktu Pembuatan Konten Cenderung Lama
Menjadi seorang youtuber tentu harus melalui proses pembuatan video (syuting) juga pengeditan hal inilah yang membuat pembuatan konten akan lebih lama jika dibandingkan dengan blogger, namun jika memang menjadi youtuber yang hanya reuploder atau hanya sekedar mencuri ide atau video orang lain mungkin akan berbeda cerita. Dan secara keseluruhan membuat video memang membutuhkan waktu dan juga tenaga yang lebih banyak.


3. Perjuangan Lebih Berat
Jika anda baru menjadi youtuber maka harus siap berjuang dengan sangat keras untuk mengejar subscriber juga view disetiap video agar bisa menjadi youtuber yang sukses tentunya, ada dua cara untuk mencari jumlah subscribe juga view yang banyak cara yang pertama adalah membuat konten semenarik mungkin agar banyak orang tertarik dan yang kedua bisa sering-sering membuat giveaway atau memberikan hadiah dengan syarat tertentu yang biasanya adalah harus subscribe channel tersebut hal ini tentu akan membutuhkan modal yang banyak. Kemudian jika sobat menjadi blogger pemula juga akan sulit bekerja sama dengan youtuber lain yang tujuannya untuk sama-sama meraih keuntungan, oleh karena itu untuk menjadi youtuber harus bekerja dengan keras dan disinilah banyak juga youtuber pemula yang menyerah.


Itulah beberapa keunggulan serta kelemahan menjadi blogger dan youtuber, jika dilihat memang diantara keduanya memang harus sama-sama dengan siap untuk merelakan pemikiran, waktu, juga tenaga agar bisa menjadi blogger juga youtuber yang sukses. Disini juga bisa dilihat bahwa hidup adalah sebuah perjuangan dan pilihan, jadi sobat bisa memilih menjadi blogger juga youtuber yang sekiranya sesuai dengan gaya perjuangannya dan pilihan.


Mungkin ada ada sobat yang ingin bertanya manakah yang lebih menghasilkan atau memperoleh banyak uang?? Jawabannya sudah tentu adalah menjadi youtuber, dalam artian jika youtuber tersebut memang sudah memiliki popularitas yang tinggi dimungkinkan bisa mendapatkan penghasilan mencapai miliaran dalam kurun waktu sebulan tentunya.


Setelah kita membahas kelebihan juga kekurangan diantara blogger juga youtuber, dalam kata lain saya sudah mempertandingkan keduanya maka tak lengkap jika tak mendamaikan kembali. Jadi untuk itu saya akan membahas juga keuntungan menjadi blogger juga youtuber, berikut ini beberapa keuntungan menjadi blogger dan youtuber :


1. Mendapatkan pahala (jika konten yang sobat buat adalah konten yang bermanfaat)
2. Menambah ilmu dan wawasan
3. Menambah teman dan followers
4. Aktualisasi diri
5. Meraih popularitas
6. Mendapatkan penghasilan


Diatas adalah pembahasan tentang kelebihan, kekurangan dan keuntungan menjadi blogger dan youtuber. Jadi untuk para blogger berbanggalah kalian karena dapat menjadi orang yang bermanfaat tetapi jangan sampai juga untuk mendiskriminasi salah satunya karena disini baik blogger dan juga youtuber juga sedang berkarya untuk membangun Indonesia lebih baik lagi. Mungkin itu saja artikel kali ini, apabila ada kekeliruan, kesalahan, dan kekurangan saya meminta maaf dengan sebesar-besarnya saja juga mohon untuk para pengunjung jika memang ada kesalahan dan kekurangan untuk diluruskan atau dibenarkan, sampai jumpa lagi di lain artikel.



Semoga Bermanfaat!!!

Belum ada Komentar untuk "Blogger Vs Youtuber? Inilah Keunggulan dan Kelemahan dari Keduanya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel