Lebih Baik Mana Antara Makan Sayur Mentah atau Matang?




Banyak orang yang berfikir bahwa memakan sayur mentah itu lebih sehat karena nutrisi yang ada di sayur tersebut, namun banyak pula yang berfikir sebaliknya. Lantas bagaimana yang lebih baik  makan sayur mentah atau Matang??? Di artikel kali ini anda akan temukan dari pertanyaan tersebut.


Berbeda sayuran berbeda pula nutrisi atau kandungan yang ada, setiap sayuran memiliki nutrisi atau kandungan yang berbeda ada yang zat tersebut akan memberikan manfaat jika tidak dipanaskan atau dimasak ada juga yang memberikan manfaat jika dimasak dengan keadaan matang. Jadi pada intinya tidak semua sayur baik untuk dimakan mentah dan tidak semua pula sayuran akan baik apabila dimakan mentah, berikut ini kita akan membahas tentang daftar makanan yang baik apabila dimakan mentah dan juga matang :

Daftar Sayuran yang Baik Di Konsumsi dalam Kondisi Mentah



1. Kubis



Kubis adalah salah satu sayuran yang sering jadikan lalapan atau pelengkap makanan, ternyata menjadikan kubis sebagai lalapan adalah hal yang baik karena nutrisi atau kandungan gizi yang ada pada kubis akan optimal jika dikonsumsi mentah. Kandungan antioksidan yang ada akan lebih tinggi jika mentah, faktanya antioksidan dapat mengatasi penyakit kanker.


2. Paprika



Paprika juga merupakan salah satu sayuran yang akan lebih baik jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Kandungan gizi paprika terutama vitamin C akan sangat mudah rusak jika mengalami pemanasan, hal ini tentu tidak baik seandainya akan dimasak juga disarankan untuk terakhir dimasukkan ke wajan jadi keadaan paprika tersebut akan setengah matang.


3. Brokoli



Kandungan gizi seperti vitamin C, kalsium dan mineral lain pada brokoli sangat sensitif terhadap panas selain itu jika brokoli disajikan dengan kondisi mentah akan lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran lain. Brokoli juga memiliki kandungan zat jenis sulforaphane yang baik untuk kesehatan sel tubuh dan jantung, sulforaphane ini juga akan mudah rusak jika dipanaskan atau dimasak.


4. Bit



Sayur bit memiliki kandungan potasium, magensium, zat besi, hingga asam folat. Namun hal sangat disayangkan jika bit ini dipanaskan akan akan mengurangi kandungan gizinya hingga 25%, jadi disarankan untuk mengonsumsi bit ini dalam keadaan mentah.


5. Kol



Sayur kol memiliki kandungan  enzim myrosinase, enzim ini juga sangat rentan dengan panas jadi apabila memasaknya akan merusak enzim myrosinase. Enzim ini dapat mencegah serta membantu mengobati kanker.


6. Bawang Putih

Bawang merupakan salah satu sayuran juga bumbu dapur, kandungan senyawa sulfur yaitu allicin yang bermanfaat untuk kulit dan mampu meregenerasi sel kulit yang baru. Kandungan sulfur ini juga rentan dengan panas.


7. Bawang Bombai

Bawang Bombai memiliki kandungan antiplatelet berguna untuk menjaga kesehatan jantung, namun antiplatelet ini juga akan rusak jika mengalami pemanasan.


Daftar Sayuran yang Baik Di Konsumsi dalam Kondisi Matang



1. Terong



Terong memiliki kandungan senyawa solanin, solanin bisa menjadi racun yang mengganggu kekebalan tubuh selain itu senyawa ini juga akan menghambat penyerapan kalsium. Jadi dalam memakan terong sebaiknya dipanaskan atau dimasak karena akan menghilangkan senyawa solanin tersebut.


2. Kentang

Sebelas duabelas dengan terong, kentang juga memiliki kandungan senyawa solanin, jika seseorang mengonsumsi sayuran atau makanan yang mengandung solanin dalam porsi yang banyak dapat menyebabkan muntah, kram perut, mual, sakit kepala, dan diare. Selain itu kandungan pati yang ada juga akan sulit dicerna jika dimakan mentah, oleh karena itu sebaiknya mengonsumsi kentang setelah dimasak atau dipanaskan.


3. Kacang Polong



Kacang polong juga tidak baik jika dikonsumsi mentah, kandungan  glikosida sianogen yang merupakan keluarga dari sianida yang merupakan racun. Jadi disarankan kacang polong dimakan direndam dan dimasak sebelum dimakan.


4. Tomat

Kandungan likopen yang ada pada tomat ternyata akan optimal jika dimasak terlebih dahulu, likopen ini dapat mengurangi resiko terkena kanker dan serangan jantung. Oleh karena itu sebaiknya tomat dikonsumsi dalam keadaan matang.


5. Wortel

Faktanya wortel memiliki banyak kandungan betakaroten yang tinggi namun akan lebih tinggi lagi apabila wortel dimasak.


6. Bayam

Bayam juga merupakan salah satu sayuran yang akan lebih baik jika dikonsumsi dalam keadaan matang, kandungan seperti zat besi, magnesium, kalsium, dan seng lebih mudah diserap tubuh saat bayam mengalami proses pemanasan atau dimasak.


7. Asparagus



Kandungan gizi yang ada pada asparagus juga kurang lebih sama dengan bayam yakni sama-sama mudah diserap oleh tubuh jika disajikan matang, kandungan tersebut adalah asam ferulat, folat, vitamin A, C, dan E. Oleh sebab itulah sebaiknya saat mengonsumsi asparagus dimasak terlebih dahulu.


Itulah artikel tentang sayuran yang lebih baik dimakan matang atau mentah, hal yang harus dicatat adalah sayuran memiliki kandungan gizi yang sangat bagus untuk tubuh kemudian juga jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran untuk dicuci dengan bersih dan pastikan sudah tidak ada kotoran atau pestisida dan lebih baik lagi jika cari sayuran yang organik. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan jika ada kesalahan dan kekurangan mohon untuk dimaafkan dan sampai jumpa lagi di lain postingan.


Semoga Bermanfaat!!!

Belum ada Komentar untuk "Lebih Baik Mana Antara Makan Sayur Mentah atau Matang?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel