3 Tips Agar Bisa Berbicara Di Depan Umum dengan Lancar dan Baik!




Berbicara di depan umum atau istilahnya public speaking atau juga bisa disebut dengan berbicara di depan banyak orang, tidak semua orang bisa memiliki kemampuan untuk berbicara di depan. Faktor utama seseorang tidak bisa berbicara di depan adalah rasa malu dan tidak mau berusaha, kenapa saya bilang begitu??? Karena tentu saja rasa malu itu pada dasarnya bisa dilawan dan juga jika seseorang mau mempelajari serta praktek maka hal apapun di dunia ini dapat dilakukan.

Sebelumnya disini saya membuat artikel tentang tips agar bisa berbicara di depan umum dengan lancar dan baik adalah saya khusus kan atau saya utamakan kepada sobat semua yang saat ini menjadi pelajar atau juga sobat yang saat ini sedang ikut organisasi baik di sekolah maupun di masyarakat, dan di saat sobat menjadi pelajar atau pengurus juga anggota di suatu organisasi tertentu maka sobat harus dan wajib hukumnya untuk bisa berbicara di depan umum yang memiliki banyak manfaat dan nanti di artikel ini juga akan dibahas bukan hanya tips tetapi juga mengenai manfaat serta cara menjadi pembicara yang baik. Jadi pada intinya disini akan dibahas secara tuntas tentang hal yang berkaitan dengan berbicara di depan yang tadi saya peruntukan untuk para pelajar juga anggota atau pengurus organisasi.

Kenapa saya pilih untuk mengutamakan pelajar dan juga seorang yang ikut organisasi??? Jawabannya karena pelajar dan orang-orang yang ikut organisasi ini sedang belajar tentang menghadapi masalah dan juga mencari pengetahuan agar nantinya bisa sukses di masa depan, jadi disini tentu jika seseorang yang sudah bekerja atau sudah terjun di masyarakat dipastikan bisa berbicara di depan umum karena mereka telah mempelajari hal ini saat mereka belajar (sekolah atau kuliah) dan saat mereka belajar organisasi namun jika memang kenyataannya tidak bisa maka anda juga harus belajar lagi.

Pada dasarnya para pelajar dan  orang yang ikut organisasi akan gagal atau tidak bisa berbicara di depan umum jika mempunyai rasa malu juga tidak menguasai materi dalam kata lain mereka tidak tahu apa yang akan mereka sampaikan, berikut saya telah menyimpulkan untuk sobat semua yaitu 3 tips agar bisa berbicara di depan umum dengan lancar dan baik.


Baca Juga : 5 penyebab terjadinya konflik di masyarakat

3 Tips Agar Bisa Berbicara Di Depan Umum dengan Lancar dan Baik :


1. Membuat Sugesti
Tips yang pertama adalah sobat harus membuat sugesti, pada dasarnya semua perilaku atau kejadian itu berasal dari pikiran jika pikirannya baik maka baik pula perilakunya dan berlaku sebaliknya. Jadi disini sebelum sobat berbicara di depan umum, maka sobat harus membuat sugesti agar nantinya menguatkan mental juga fisik yang tujuannya adalah kelancaran dalam public speaking. Sugesti disini bisa menggunakan pikiran, perkataan, dan perbuatan ketiga cara tersebut juga harus disertai dengan hati. Disini saya juga akan memberikan contoh sugesti dengan menggunakan hati dan juga pikiran, untuk memulai sugesti ini harus memiliki keyakinan untuk bisa berbicara didepan umum setelah memiliki keyakinan selanjutnya sobat mengatakan kata-kata ini (di dalam hati saja), "Jika dia (melihat orang yang sudah bisa berbicara di depan umum) bisa, maka saya juga bisa, jika dia mampu, maka saya juga mampu, saya dan dia sama-sama makan nasi, jadi apa bedanya?". Sugesti yang saya contohkan bisa dimodifikasi sesuai dengan keadaan juga kondisi sobat, seperti yang dibahas bahwa jika pikiran sudah dipengaruhi maka hal apapun bisa dilakukan, jadi membuat sugesti memang hal yang harus diawali untuk bisa berbicara di depan adalah umum.


2. Harus Tau Apa yang Akan Disampaikan
Kemudian untuk tips yang kedua adalah sobat harus tau apa yang akan disampaikan, dalam kata lain sobat harus mempelajari dan menguasai materi apa yang akan disampaikan. Jika diibaratkan menguasai materi untuk berbicara di depan umum adalah  sama seperti kesehatan manusia, jika manusia sehat maka akan baik-baik saja namun jika sakit maka yang terjadi tidak akan ada kata baik. Mungkin dari semua tips yang tips kedua ini yang paling penting, jika sudah menguasai materi maka tentu akan baik-baik saja. Saya ada contoh betapa pentingnya menguasai materi dalam berbicara di depan kebetulan contoh ini di ambil dari kehidupan nyata saya sendiri, saya adalah seorang pengurus pramuka di sekolah atau bisa disebut sebagai dewan ambalan. Kemudian singkat cerita saya ditunjuk oleh pembina untuk mengisi waktu luang saat kegiatan latihan pramuka, karena pada saat itu saya tidak tahu apa yang akan disampaikan maka saya menolak dan atas kejadian itu saya mempunyai rasa malu dan tidak ingin kejadian itu terulang lagi. Sampai pada akhirnya saya mempelajari materi pramuka juga permainan atau ice breaking untuk mengisi waktu dan setelah saya menyiapkan semuanya maka saat saat ditunjuk untuk maju berbicara di depan umum akan baik-baik. Jadi pada intinya ketika sobat akan berbicara di depan siapkanlah materinya terlebih dahulu walaupun materinya juga tidak ditentukan dan saya yakin sobat mengerti akan hal ini.

3. Kontak Mata dengan Audiens
Tips yang ketiga atau yang terakhir adalah kontak mata atau melakukan tatapan mata tepat ke mata audiens atau pendengar, mungkin ada sobat yang bertanya kenapa harus begitu?? kenapa harus menatap mata?? Karena faktanya dengan menatap mata akan menambah kepercayaan diri seseorang, selain itu juga kemungkinan besar dengan menatap satu persatu audiens akan membuat audiens merasa malu, takut ditunjuk, atau memalingkan pandangan. Dengan meningkatnya kepercayaan diri otomatis akan membuat berbicara di depan menjadi lebih mudah.

Itulah 3 tips agar bisa berbicara di depan umum dengan lancar dan baik, sebagai penjelas saja untuk tips yang pertama dan kedua dilakukan sebelum maju kemudian untuk tips yang ketiga dilakukan saat sudah maju di depan. Jika tips diatas dilakukan dengan baik disertai dengan berusaha semaksimal mungkin maka dijamin sobat akan berhasil dan berbicara di depan menjadi hal yang mudah.
Setelah saya membahas tentang tips agar bisa berbicara dengan lancar dan baik, sesuai dengan janji saya diatas bahwa akan membagikan juga tentang manfaat bisa berbicara di depan. Langsung saja berikut ini manfaat jika sobat bisa berbicara di depan :

1. Mendapatkan Perhatian
Manfaat yang pertama adalah jika sobat bisa untuk berbicara di depan umum otomatis akan mendapatkan banyak perhatian dari orang-orang sekitarnya atau audiens, misal sobat telah melakukan tugas presentasi dengan maka sobat tentu saja akan mendapatkan perhatian dari guru juga teman-teman sobat sehingga pada akhirnya sobat akan memilki popularitas dan terkenal sebagai anak yang baik.

2. Bisa Berpendapat
Jika sobat bisa untuk berbicara di depan, maka jangan heran jika dapat memengaruhi orang lain. Adanya kepercayaan diri seorang yang mampu berbicara  di depan umum akan cenderung mudah untuk mengeluarkan pendapat serta berfikir secara kritis dan juga cenderung bisa menganalisis masalah sehingga orang yang memiliki keahlian berbicara di depan umum akan bisa menghadapi masalahnya dengan mudah. Bisa sobat bandingkan langsung dengan orang yang tak mampu mengalami keahlian ini, pasti akan berbanding balik.


3. Menambah Jaringan Pertemanan
Manfaat yang ketiga ini masih memiliki hubungan yang erat dengan manfaat yang pertama, jika seseorang yang memiliki kemampuan berbicara di depan akan mendapatkan perhatian dari audiens. Hal ini kemungkinan besar akan membuat banyak orang ingin berteman dengan sobat, tentu sobat sudah tau dong manfaat mempunyai banyak teman?


4. Mendapatkan Kepercayaan
Jika seseorang yang memiliki kemampuan berbicara di depan dapat untuk memengaruhi orang lain maka pada akhirnya orang yang terpengaruh akan memberikan kepercayaan pada orang yang bisa berbicara di depan, walaupun mendapatkan kepercayaan itu berat dan memiliki tanggung jawab yang besar tetapi sebenarnya jika sudah dipercaya banyak orang maka setiap ucapan yang dilontarkan akan dituruti.
Selain empat manfaat diatas, bisa berbicara di depan juga akan mempengaruhi masa depan seseorang karena pada dasarnya dengan berbicara di depan akan sangat berguna disaat kuliah, di tempat kerja, juga dilingkungan masyarakat.

Setelah membahas tips dan juga manfaat bisa berbicara di depan, sekarang saya akan membahas bagaimana sih caranya biar menjadi pembicara yang baik??? cara menjadi pembicara yang baik adalah harus tahu keadaan juga kondisi. Maksudnya adalah jika memang keadaannya sobat sedang berbicara saat rapat atau presentasi maka tentu saja sobat harus sering dan tidak seharusnya untuk bercanda begitu juga dengan kegiatan lainnya, intinya sobat menyesuaikan keadaan. Setelah menyesuaikan dengan keadaan sobat juga harus tahu dengan kondisi, misal sobat sedang mengisi sebuah materi namun para audiens ternyata tidak mendengarkan apa yang sobat sampaikan maka tindakan yang harus sobat lakukan adalah mencoba agar audiens tersebut tidak bosan dan bisa mendengarkan kembali, salah satu caranya adalah dengan ice breaking.

Nah, itulah pembahasan tentang tips agar bisa berbicara di depan umum dengan lancar dan baik serta diatas juga telah dibahas tentang manfaat berbicara di depan umum juga cara menjadi pembicara yang. Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan, saya ingatkan jika ada kesalahan dan kekurangan di artikel ini mohon untuk disampaikan, kemudian jika apabila ada saran juga saya mempersilahkan untuk memberikan saran tersebut. Sekali lagi jika ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan sampai jumpa di artikel berikutnya.



Semoga Bermanfaat!!!

Belum ada Komentar untuk "3 Tips Agar Bisa Berbicara Di Depan Umum dengan Lancar dan Baik!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel