5 Manfaat Menangis yang Tak Banyak Orang Tahu!



Kapan terakhir kali sobat menangis??? Mungkin baru beberapa jam yang lalu atau bahkan tidak perrnah menangis, dikutip dari wikipedia menangis adalah respons fisik akibat dari refleks ataupun dari gejolak emosi yang dirasakan oleh seseorang. Biasanya menangis karena sobat sudah tidak kuat untuk menahan beban hidup, tapi tahukah sobat tahu bahwa menangis ternyata memiliki banyak manfaat. Jadi sobat tidak harus malu atau juga menahan tangis, lebih baik semua perasaan di ekspresikan saja salah satunya adalah tapi juga harus diingat tidak boleh berlebihan.


Mungkin tak banyak orang yang tau bahwa menangis memiliki banyak manfaat, bahkan bagi sebagian besar kaum adam akan merasa sangat malu jika menangis karena mereka menganggap bahwa menangis adalah hal yang dan ternyata hal itu bisa dikatakan tidak baik karena mereka menahan semua perasaan dan juga memaksakan diri mereka untuk kuat selain itu juga orang yang jarang sekali menangis tentu tidak akan merasakan manfaat dari menangis yang memang manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan. Tak usah berlama-lama lagi berikut ini 5 manfaat dari menangis.

5 Manfaat Menangis :


1. Mengeluarkan Toksin
Toksin atau bisa disebut racun, kenapa disebut racun??? karena tentu saja tidak berguna untuk tubuh bahkan cenderung berbahaya bagi tubuh. Toksin bisa dikeluarkan dari tubuh dengan cara mengeluarkan keringat, buang air kecil, dan juga air mata. Dengan menangis itu artinya dapat menghasilkan air mata dengan air mata inilah yang akan mengeluarkan toksin atau racun pada tubuh.


2. Sebagai Pelindung dari Bakteri
Faktanya menangis secara langsung dapat menjadi pelindung dari bakteri yang ada di area mata, jadi dengan sobat menangis akan menyehatkan mata sobat. Air mata mengandung lisozim yang merupakan suatu larutan enzim yang terdapat di dalam cairan sekresi eksokrin, seperti air susu ibu, air mata, keringat, lendir hidung dan cairan mulut. Dengan lisozim ini dapat membunuh bakteri dengan cepat.


3. Memberikan Ketenangan
Selain dapat mengeluarkan racun dan pelindung dari bakteri, ternyata menangis juga memberikan ketenangan. Hal ini terjadi karena jika kita merasa tegang dengan semua masalah seperti kekecewaan dan amarah kemudian kita menangis maka secara otomatis atau alamiah memberikan efek tenang, jadi apabila merasa tegang dan ingin menangis langsung saja menangis dan tidak perlu malu.


4. Meningkatkan Kualitas Tidur
Ternyata dengan sobat menangis juga dapat meningkatkan kualitas tidur atau dalam kata lain sobat bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak. Hal ini karena menangis dapat mempengaruhi otak untuk melepaskan ketegangan yang terjadi disisi lain juga mata akan lelah karena mengeluarkan air mata sehingga tubuh akan merasa lelah dan hal itu otomatis menangis akan dapat meningkatkan tidur sobat.


5. Meningkatkan Kreativitas
Sobat ingin meningkatkan kreativitas atau daya cipta??? cobalah untuk menangis jika sobat susah untuk berkreasi atau menciptakan sesuatu. Faktanya dengan menangis juga akan membuat sobat kreativitasnya bertambah, hal ini dikarenakan menangis dapat menghilangkan stres dan ketegangan. Barangkali jika sobat susah untuk mengeluarkan kreativitas karena sobat stres dan tegang, maka disini menangis diperlukan untuk itu.



Nah, itulah 5 manfaat menangis yang memang tidak banyak diketahui orang. Sekali lagi saya ingatkan jika memang sobat ingin menangis, menangislah dan jangan dipaksakan untuk menahan tangis karena menangis memiliki banyak sekali manfaat. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan jika ada kesalahan dan kekurangan mohon untuk dimaafkan dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.


Semoga Bermanfaat!!!




"Seseorang Menangis Bukan Karena Lemah
Tapi Karena Lelah Berdiri Tegar dalam Waktu Yang Lama"


Katamutiarakehidupan.com


Belum ada Komentar untuk "5 Manfaat Menangis yang Tak Banyak Orang Tahu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel