5 Manfaat Rambutan yang Harus Kamu Tahu!




Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku Sapindaceae (lerak-lerakan), di Indonesia sendiri rambutan dianggap kedalam buah kelas bawah karena tentu saja harganya terjangkau dan tergolong murah. Hal ini disebabkan karena rambutan adalah tanaman musiman atau berbuah pada saat bulan tertentu saja, seperti di pulau Jawa dan Kalimantan yang biasanya berbuah pada bulan oktober sampai februari.


Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara, dan tersebar di negara seperti Indonesia,  Afrika , Amerika Tengah, India, Malaysia, Filipina,Thailand, Karibia dan Sri Lanka. Disebut rambutan karena kulit dari buahnya menyerupai rambut walapun seperti duri tetapi tidak tajam, dan inilah alasan mengapa disebut rambutan. Berikut ini 5 manfaat rambutan yang kamu tahu.



1. Menyehatkan Ginjal

Faktanya rambutan memiliki kandungan fosfor, dan fungsi dari fosfor sendiri adalah untuk menyaring racun atau zat-zat yang tidak berguna. Tak hanya itu di dalam rambutan juga terdapat mineral yang dapat menjaga ginjal agar tetap bekerja dengan baik, sebagai tempat detoksifikasi tentunya ginjal harus dalam keadaan sehat dan prima. Dan untuk menjaga ginjal salah satunya adalah dengan cara mengonsumsi rambutan secukupnya.



2. Mencegah Osteoporosis

Dengan mengonsumsi rambutan secara otomatis akan menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis (tulang keropos), kandungan fosfor yang dimiliki rambutan adalah baik untuk tulang dan mampu untuk membuat tulang tetap kuat.



3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung


Rambutan juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung, kandungan vitamin C yang tinggi pada rambutan akan memperbaiki dinding pembuluh darah yang telah rusak. Faktanya penyakit jantung disebabkan oleh adanya kerusakan pada dinding pembuluh darah, jadi dengan anda mengonsumsi rambutan maka akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.



4. Mencegah Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu penyakit berbahaya yang umum terjadi di masyarakat usia tua, vitamin C yang ada pada rambutan akan mencegah terjadinya darah tinggi. Faktanya vitamin C dapat mengontrol dan menstabilkan gula darah sehingga rambutan dapat mencegah terjadinya hipertensi.



5. Meningkatkan Stamina

Ternyata rambutan juga meningkatkan stamina atau tenaga, kandungan karbohidrat serta protein yang terdapat  pada rambutan akan membantu dalam mengembalikan energi yang telah hilang. Jadi apabila anda sedang melakukan pekerjaan yang berat cobalah untuk mengonsumsi rambutan agar stamina tubuh tetap terjaga.


Itulah 5 manfaat dari rambutan, untuk mengoptimalkan manfaat dari rambutan tentunya anda juga harus mengonsumsi dengan secukupnya. Dalam mengonsumsi rambutan disarankan untuk mengupas dan merendamnya di air panas selama 10 menit agar menghilangkan getah yang menempel pada kulitnya, karena getah tersebut dapat memicu batuk. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan jika ada kesalahan dan kekurangan mohon untuk dimaafkan dan sampai jumpa lagi di lain postingan.



Semoga Bermanfaat!!!

Belum ada Komentar untuk "5 Manfaat Rambutan yang Harus Kamu Tahu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel