5 Manfaat Singkong yang Jarang Diketahui!




Singkong atau tanaman yang memiliki nama latin Manihot utilissima, di Indonesia singkong sering disebut dengan nama ubi kayu dan juga ketela pohon. Singkong adalah tanaman perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Bagian singkong yang digunakan adalah umbi dan daunnya, untuk umbi biasanya dijadikan sebagai sumber karbohidrat juga dijadikan makanan ringan seperti keripik kemudian untuk daunnya sering dimanfaatkan sebagai sayur mayur.


Tanaman singkong pertama kali ditemukan di Benua Amerika, tepatnya di Brazill dan Paraguay kurang lebih pada 10 juta tahun yang lalu. Singkong masuk ke Indonesia dibawa oleh Portugis dan diperkenalkan di daerah maluku yang pada saat itu membawa untuk cadangan makanan. Di Indonesia sendiri singkong dianggap sebagai tanaman atau makanan bagi masyarakat kelas bawah karena harganya yang murah, namun sekarang ada juga yang mengkreasikan singkong menjadi olahan yang mahal dan berkelas. Tercatat juga Indonesia sebagai negara penghasil singkong nomer tiga terbanyak setelah Brazill dan Nigeria.


Tanaman ini tingginya bisa sampai 7 meter dengan cabang yang berjarak, akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan. Ukuran umbinya adalah rata-rata bergaris tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm, tergantung dari klon/kultivar. Namun yang harus anda perlu garis bawahi singkong tidak bisa tahan lama setelah dipanen meskipun ditaruh di lemari pendingin, singkong sudah tidak layak makan jika didalamnya sudah memiliki warna putih kebiru-biruan karena sudah mengandung racun. Meskipun singkong adalah makanan yang dianggap kelas bawah ternyata singkong juga memilki segudang manfaat untuk kesehatan, berikut adalah 5 manfaat singkong untuk kesehatan :


1. Sumber Energi bagi Tubuh


Sudah menjadi rahasia umum bahwa singkong adalah salah satu tanaman atau makanan yang memiliki kandung karbohidrat yang tinggi, sehingga jika anda memakan singkong akan terasa kenyang dengan cepat meskipun hanya memakan sedikit. Hal itu yang membuat singkong menjadi sumber energi bagi tubuh dan bisa menjadi pengganti nasi.


2. Mencegah Anemia

Singkong memiliki kandungan mineral besi yang dapat membantu membentuk protein Hemoglobin dan Mioglobin yang berguna untuk membawa oksigen keseluruh jaringan tubuh. Singkong dapat memicu dan mempercepat pembentukan sel-sel darah baru, sehingga singkong dapat mencegah kekurangan darah atau anemia.



3. Mengurangi Resiko Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada singkong ternyata dapat mencegah radikal bebas yang masuk dalam tubuh dan bisa menyebabkan kanker. Jadi untuk anda yang tidak ingin terserang kanker perbanyaklah memakan singkong dengan rutin.



4. Menjaga Kesehatan Metabolisme


Singkong memiliki nutrisi yang baik seperti folat, piridioksin, thiamin, riboflavin, asam pantotenat. Kandungan tersebut baik saat memproduksi hormon metabolisme sehingga dapat melancarkan metabolisme tubuh, jika metabolisme lancar otomatis akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar.



5. Mencegah Sembelit

Singkong merupakan salah satu makanan penghasil serat yang tinggi, oleh sebab itu singkong mampu mencegah sembelit serta membuat pencernaan tetap lancar.



Nah, itulah 5 manfaat singkong untuk kesehatan saya ingatkan bahwa semua manfaat yang ada pada singkong dapat bermanfaat jika mengonsumsinya secara rutin dan tidak berlebihan. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan jika ada kesalahan dan kekurangan mohon untuk dimaafkan dan sampai jumpa lagi di lain postingan.


Semoga Bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "5 Manfaat Singkong yang Jarang Diketahui!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel