Inilah 5 Manfaat Kacang Kedelai Yang Sebaiknya Kamu Tau!


Kacang kedelai atau yang biasa disebut dengan kedelai merupakan salah satu tanaman yang menjadi favorit di Indonesia alasan karena kedelai memiliki segudang manfaat serta harganya yang terjangkau. Di Indonesia sendiri kacang kedelai sering dijadikan menjadi olahan tempe, tahu, tauco dan masih banyak yang lainnya dan itulah penyebab negara Indonesia menjadi salah satu negara dengan penghasil sekaligus pengonsumsi kacang kedelai terbanyak dan untuk penghasil kedelai utama dan terbanyak di dunia adalah Amerika Serikat.

Para Arkeolog memperkirakan bahwa kacang kedelai sudah ada sejak 3500 tahun yang lalu dan di temukan di wilayah asia timur. Kedelai termasuk kedalam spesies Glycine max (L.) Merill yang merupakan tanaman polong-polongan, kacang kedelai juga merupakan sumber protein nabati dan minyak nabati di dunia. Kacang kedelai memiliki ciri akar tunggang dengan sedikit serabut kemudian batangnya memiliki lapisan epidermis dan berkambium serta memiliki cabang selanjutnya bagian daun menyirip berjumlah 2, 3, dan 5 atau kelipatannya dan yang terakhir untuk bunganya tersusun secara glomerulus (tukal). Berikut ini 5 manfaat kacang kedelai yang sebaiknya kamu tau.


1. Menguatkan Tulang

Kacang kedelai mengandung protein yang bisa membantu penyerapan yang lebih baik kalsium dalam tulang kemudian juga kandungan isoflavon berfungsi untuk memperlambat kehilangan tulang dan menghambat kerusakan tulang yang pada gilirannya mencegah osteoporosis atau tulang keropos. Jadi untuk anda semua yang tidak mengalami osteoporosis perbanyaklah untuk mengonsumsi kacang kedelai.

2. Menstabilkan Berat Badan

Kacang kedelai juga bagus untuk orang yang sedang diet karena dapat menjaga kondisi berat badan secara optimal kandungan serat yang tinggi membuat kacang kedelai dapat mengatur kondisi tubuh kenyang lebih lama. Jadi untuk anda yang sedang menjaga berat badan cobalah untuk mengonsumsi kedelai.

3. Menurunkan Resiko Kanker Payudara

Kandungan Isoflavon pada kedelai memiliki cara kerja yang seimbang, yaitu bertindak seperti estrogen sekaligus bersifat antiestrogen. Artinya, isoflavon tersebut dapat menghentikan pembentukan estrogen yang berlebihan sekaligus memberikan sifat antioksidan yang baik untuk menekan pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

4. Menjaga Kinerja Jantung

Kedelai mengandung protein dan isoflavon yang bagus untuk mengusir kolesterol jahat serta membantu menurunkan resiko pembekuan darah. Dan hal inilah yang membuat kinerja jantung optimal dan mengurangi kemungkinan adanya penyakit jantung.

5. Membantu Mengobati Diabetes dan Sakit Ginjal
Protein serta serat yang larut dalam kedelai, dapat mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal, dengan demikian bisa membantu mengobati serta mengendalikan diabetes dan penyakit ginjal. Jadi untuk anda yang sedang terkena penyakit ini disarankan untuk mengonsumsi kacang kedelai.

Nah, itulah manfaat kacang kedelai yang sangat bagus untuk kesehatan dan juga mengobati beberapa penyakit. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan jika ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan sampai jumpa di lain postingan.

Semoga Bermanfaat!!!

Belum ada Komentar untuk "Inilah 5 Manfaat Kacang Kedelai Yang Sebaiknya Kamu Tau!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel