Siapa yang Menciptakan Bahasa Indonesia???




Bahasa adalah salah satu unsur yang digunakan untuk berkomunikasi, bahasa juga bisa digunakan untuk mempermudah komunikasi. Hampir disetiap negara memiliki bahasanya sendiri bahkan juga setiap suku bangsa memiliki bahasanya sendiri tercatat jumlah bahasa yang ada di Indonesia sebanyak 742 bahasa, jika dilihat dari sini bisa dibayangkan betapa banyaknya bahasa yang ada di dunia ini namun apakah sobat pernah berfikir atau bertanya-tanya tentang bagaimana bahasa diciptakan atau juga siapa yang menciptakan bahasa tersebut.


Telah banyak penelitian yang dilakukan salah satunya oleh Quentin Atkinson seorang peneliti asal Selandia Baru dari Universitas Auckland, Atkinson melakukan studi dengan menelusuri rekam jejak bahasa dengan cara memecah 504 bahasa ke dalam komponen terkecilnya yang disebut sebagai fonem. Fonem sendiri memiliki asal kata phonema yang merupakan bahasa latin dan memiliki arti suara yang diucapkan, kemudian hasil dari penelitian ini adalah suatu bahasa menunjukan bahasa itu menjadi sumber dari bahasa-bahasa lain yang lebih sedikit memiliki fonem. Tak hanya itu dengan studinya Atkinson menyimpulkan bahwa bahasa telah ditemukan sejak 50.000 tahun yang lalu.

Kemudian pada 2011 Science Magazine juga telah melakukan studi yang mengungkapkan bahwa bahasa yang digunakan oleh manusia pertama kali muncul di selatan Afrika. Sampai saat ini menyebar keseluruh penjuru dunia termasuk ke Indonesia. Para ahli juga banyak yang berpendapat bahasa sudah ditemukan sejak zaman purba, bahasa diciptakan adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dimana pada masa itu manusia menandai setiap benda atau istilah untuk mempermudah semua aktivitas dan disebarluaskan kepada semua manusia yang ada dimasa itu. Sehingga sampai pada masa ini terdapat banyak bahasa yang beragam hal itu disebabkan karena perbedaan wilayah dan juga gaya hidup.


Setelah saya membahas tentang asal muasal bahasa secara umum, sekarang saya akan membahas tentang pertanyaan utama yakni siapa yang menciptakan bahasa Indonesia??? jawaban dari pertanyaan tersebut adalah sebenarnya bahasa tidak bisa ditentukan siapa yang menciptakan bahasa Indonesia tetapi bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari mulai bahasa yang aslinya yaitu bahasa melayu. Dan seiring perkembangannya bahasa Indonesia mengalami pembakuan dan sampai hasilnya seperti sekarang.


Nah, itulah artikel tentang siapa yang menciptakan bahasa Indonesia. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan jika ada kesalahan dan kekurangan mohon untuk dimaafkan dan sampai jumpa di artikel berikutnya.


Semoga Bermanfaat!!!



"Satu peluru hanya bisa menembus satu kepala, tapi satu telunjuk sanggup menembus jutaan kepala."


Sayyid Quthub


Belum ada Komentar untuk "Siapa yang Menciptakan Bahasa Indonesia???"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel