Risiko Menunda Mencuci Peralatan Makan dan Botol Bayi


Risiko Menunda Mencuci Peralatan Makan dan Botol Bayi

Bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna oleh karena itu bayi lebih rentan terkena penyakit dan infeksi. Untuk menghindarkan bayi dari serangan penyakit dan infeksi, salah satu hal yang harus Anda perhatikan sebagai orang tua adalah kebersihan peralatan minum dan makan si kecil.

Salah satu cara untuk memastikan kebersihan peralatan makan si kecil adalah dengan segera mencuci botol minum menggunakan sabun botol susu bayi setelah digunakan. Ketika Bunda menunda membersihkan, maka bakteri dan kuman akan lebih banyak tumbuh subur di dalamnya. Akibatnya si kecil akan lebih rentan terkena penyakit.

1. Tumbuh Suburnya Bakteri di Dalam Botol

Botol susu bayi bisa menjadi sarang tempat tumbuh suburnya bakteri ketika tidak segera dicuci. Ada banyak penyakit yang rentan menyebabkan berbagai penyakit kepada si kecil seperti rotavirus atau hepatitis A. Bakteri ini sangat rentan timbul ketika botol susu dibiarkan tidak dicuci dalam waktu lama.

Selain akibat mendiamkan botol susu tidak dicuci, tangan yang kotor ketika membuat susu juga dapat menyumbang bakteri ke dalam makanan. Oleh sebab itu, cucilah tangan sebelum membuat susu untuk bayi.

2. Penyakit Gastroenteritis

Gastroenteritis merupakan gangguan berupa infeksi di saluran usus yang dapat menyebabkan si kecil muntah hingga diare. Infeksi ini bisa disebabkan oleh penularan dari orang lain yang batuk di sekitar botol susu. Virus yang keluar dari batuk dan bersin orang dewasa bisa bersarang di nipple botol susu dan menyebabkan infeksi saluran usus.

3. Keracunan Makanan

Bakteri yang berkembang biak baik di dalam botol maupun nipple botol berisiko menimbulkan keracunan makanan pada si kecil. untuk itu, segeralah bersihkan peralatan makan si kecil menggunakan air hangat dan sabun botol susu bayi.

Agar aman untuk bayi, gunakanlah sabun botol susu bayi yang food grade. Anda bisa menggunakan Sleek Baby Bottle, Nipple and Accessories Cleanser. Sabun Sleek juga dilengkapi oleh stain removal yang dapat menghilangkan sisa lemak susu beserta bau tak sedap. Sabun juga dilengkapi formula natural antibacterial yang aman untuk mematikan bakteri yang tertinggal.

Belum ada Komentar untuk "Risiko Menunda Mencuci Peralatan Makan dan Botol Bayi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel