Cegah Infeksi dengan Memahami Pertandanya

Cegah Infeksi dengan Memahami Pertandanya


Merawat luka yang kita miliki merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Sebab, luka memberikan rasa nyeri yang tidak nyaman hingga dapat mengganggu aktivitas kita. Disamping itu, luka juga bisa menjadi semakin parah yang akhirnya berdampak pada hal yang tidak kita inginkan. Salah satunya yakni infeksi.

Untuk mencegah terjadinya infeksi, kita perlu melakukan langkah pengobatan segera dengan menggunakan obat luka bakar knalpot. Disamping itu, pencegahan infeksi juga perlu dilakukan dengan memahami tanda-tanda terjadinya hal tersebut. Apa sajakah tanda-tanda infeksi yang perlu diwaspadai? Berikut ini beberapa diantaranya.

Nyeri semakin parah di area sekitar luka

Saat memiliki luka, rasa nyeri merupakan hal yang wajar. Umumnya, pasien yang sembuh dengan baik dari operasi atau cedera membutuhkan proses pemulihan sampai nyeri luka bisa mereda. Meskipun pasien biasanya memerlukan obat pereda rasa sakit pada awalnya, pasien yang menjalani proses pemulihan secara perlahan harus mengurangi penggunaan obat dan akhirnya menghentikannya saat sudah merasa semakin nyaman. 

Akan tetapi, jika pasien justru mendapatkan rasa sakit yang terus menerus atau meningkat, itu bisa menjadi tanda infeksi luka. Bertanya kepada pasien tentang tingkat nyeri mereka secara berkala dan melacak penggunaan obat nyeri dapat membantu mengidentifikasi infeksi pada luka tersebut.

Muncul warna kemerahan sekitar luka

Rasa nyeri ketika memiliki luka merupakan hal yang wajar. Biasanya, luka juga akan diikuti oleh peradangan pada area sekitar luka sebagai reaksi yang wajar. Namun, bukan berarti Anda bisa menyepelekan adanya peradangan pada area sekitar luka.

Pada awalnya, luka akan tampak merah karena proses penyembuhan inflamasi alami, tetapi kemerahan itu akan berkurang secara bertahap sekitar 5-7 hari. Kemerahan di sekitar luka yang terus membesar dan memburuk adalah tanda infeksi luka. Anda dapat melacak apakah warna merah memanjang dengan mengambil foto atau menggambar garis di sekitar area merah dengan spidol dan memeriksa untuk melihat apakah warna kemerahan melewati garis tersebut.

Pertanda diatas perlu Anda waspadai agar luka tidak berubah menjadi infeksi yang semakin parah. Selain itu, lengkapi juga pengetahuan Anda seputar kesehatan dengan rutin membaca info kesehatan yang paling update dan terpercaya di guesehat. Kunjungi laman berikut www.guesehat.com/ketika-demam-berdarah-perlukah-antibiotik untuk info lengkapnya.

Belum ada Komentar untuk "Cegah Infeksi dengan Memahami Pertandanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel