Inilah 5 Makanan Penyebab Diare Menjadi Lebih Parah

Burger

Ketika mengalami diare sebaiknya tetap mengkonsumsi banyak cairan agar dapat mengganti cairan yang hilang. Selain itu juga perlu menggunakan oralit yang akan membantu untuk mengatasi gejala diare yang dirasakan. Terakhir, agar membuat diare menjadi lebih sembuh dan teratasi juga perlu untuk menghindari makanan penyebab diare. Ketika mengalami diare memang sebaiknya tetap mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat membuat kondisi cepat teratasi. Tetapi perhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi dengan baik, karena apabila salah memilih bisa membuat kondisi diare menjadi lebih buruk. Oleh karena itulah pastikan untuk selalu menghindari makanan dan minuman yang dapat membuat diare menjadi lebih parah seperti berikut ini:

  1. Makanan berminyak dan berlemak

Jenis makanan pertama yang dapat menyebabkan diare dan juga membuat kondisinya menjadi parah adalah makanan berminyak dan berlemak. Jenis makanan tersebut dapat membuat otot-otot di saluran cerna menjadi lebih tegang. Sehingga akibatnya adalah akan menyebabkan diare yang dialami menjadi lebih parah. Makanan berminyak dan berlemak juga membuat kembung karena pengosongan lambung menjadi lebih lambat. Oleh karena itulah sebaiknya hindari jenis makanan berlemak dan berminyak, terutama ketika sedang mengalami diare karena bisa membuat kondisinya menjadi lebih parah.

  1. Produk olahan susu

Jenis makanan selanjutnya yang perlu dihindari adalah produk olahan susu. Jenis ini juga membuat seseorang mengalami diare karena mempunyai intoleransi laktosa. Selain itu, saat diare memang produk olahan susu akan dapat membuat kondisinya menjadi lebih parah, karena saat diare membuat usus susah membuat produksi enzim laktase yang dapat mencerna laktosa. Oleh karena itulah nantinya produk olahan susu akan tidak dapat dicerna dengan baik dan membuat kondisi masalah pencernaan menjadi lebih parah dan tidak teratasi. Sebaiknya ganti produksi susu tersebut dengan yoghurt yang mempunyai kandungan probiotik. Walaupun merupakan olahan susu, yoghurt merupakan bahan yang baik dikonsumsi selama diare karena bisa mengatasi meredakan gejala diare yang dialami.

  1. Sayuran mengandung gas

Sayuran merupakan bahan sehat yang baik dikonsumsi untuk kesehatan dan pencernaan. Akan tetapi penting juga untuk memilih jenis sayuran yang akan dipilih ketika sedang diare. Dimana saat diare sebaiknya hindari mengkonsumsi sayuran dengan kandungan gas. Hal tersebut akan membuat kondisi diare yang dialami menjadi lebih buruk. Oleh karena itulah hindari sayuran dengan kandungan gas seperti kembang kol, kacang polong, sayuran hijau, buncis, jagung, hingga kubis. Pilihlah sayuran yang aman dikonsumsi selama diare yaitu wortel, jamur, asparagus, kacang hijau, dan zucchini.

  1. Pemanis buatan

Jenis makanan selanjutnya yang menyebabkan diare menjadi lebih parah adalah yang mempunyai kandungan pemanis buatan. Hal tersebut karena makanan dengan pemanis buatan akan membuat perut kembung yang dapat memperparah kondisi diare yang dialami. Oleh karena itulah hindari makanan seperti dengan pemanis buatan seperti permen karet dan minuman bersoda.

  1. Makanan pedas

Jenis makanan penyebab diare menjadi lebih parah adalah makanan pedas. Jenis ini juga menjadi penyebab seseorang dapat mengalami diare, sehi
ngga sebaiknya dihindari ketika sedang diare karena membuat kondisinya menjadi lebih buruk.

Hindari makanan yang mempunyai kandungan cabai dan rasa pedas karena mempunyai kandungan capsaicin yang membuat iritasi saluran pencernaan. Untuk menghentikan gejala diare Anda juga perlu menanganinya dengan tepat yaitu menggunakan obat diare di pasaran.

Terutama bagi yang menyukai makanan pedas, maka sebaiknya sediakan obat Enstroptop di rumah yang dapat menghentikan diare dengan lebih cepat.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 5 Makanan Penyebab Diare Menjadi Lebih Parah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel