Kebutuhan Zat Besi Anak, Bagaimana Cara Memenuhinya?

 

Zat Besi Anak

Di antara beberapa nutrisi penting yang diperlukan anak dalam pertumbuhannya, bisa dikatakan jika zat besi adalah salah satu nutrisi yang tidak boleh dilupakan. Ya, nutrisi yang satu ini memiliki peran untuk pembentukan sel darah merah serta menjaga metabolisme. Oleh karenanya, pemenuhan kebutuhan zat besi anak harus senantiasa diusahakan.

Selain itu, perlu diketahui bahwa tubuh anak akan mengalami beberapa masalah jika kekurangan zat besi. Tidak hanya berat badan tubuh anak yang akan sukar untuk naik, ia pun akan cenderung memiliki selera makan yang buruk, tidak aktif secara fisik hingga terlihat lebih pucat.

Lantas, bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada anak tersebut?

Cara Memenuhi Kebutuhan Zat Besi Anak

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk memaksimalkan dan memenuhi kebutuhan zat besi anak mereka. Adapun beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1)      Memberikan makanan kaya zat besi

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan zat besi anak adalah dengan memberikannya makanan kaya zat besi. Nah, makanan yang bisa diberikan dalam rangka memenuhi kebutuhan zat besi adalah bayam, daging sapi, brokoli serta lainnya.

2)      Menambah makanan yang kaya vitamin C

Vitamin C memiliki kemampuan yang sangat baik untuk memecah zat besi sehingga nantinya akan lebih banyak zat besi yang bisa diserap tubuh. Oleh karenanya, menambah konsumsi makanan yang kaya vitamin C juga bisa dijadikan cara untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada anak.

3)      Hindari memberi teh serta susu saat makan

Ketika Anda memberikan makanan pada anak, hindari menyertakan teh atau susu sebagai minumannya. Hal ini dikarenakan kedua jenis minuman tersebut akan menjadi penghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh. Ada baiknya jika Anda memberikan air putih saja kepada anak saat makan.

Beberapa tips di atas bisa dijadikan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan zat besi anak setiap hari. Jika diperlukan, Anda juga bisa menambah solusi dengan memberikan suplemen yang sesuai dengan usia dan kebutuhan mereka.

Deskripsi: zat besi anak menjadi hal yang begitu penting diberikan. Hal ini dikarenakan zat besi menjadi salah satu nutrisi yang berguna menjaga kesehatan mereka dengan maksimal.

1 Komentar untuk "Kebutuhan Zat Besi Anak, Bagaimana Cara Memenuhinya?"

  1. Titanium Art
    You may remember the famous Karate. I've also seen Karate titanium bracelet in the movies. titanium aura quartz and it titanium welder is still quite an iconic art. In many titanium uses movies, one of titanium legs the most popular

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel